header image

Senin, 01 Desember 2014

Strategi membuka toko sepatu

Pada saat anda harus memutuskan pilihan menjadi pedagang sepatu danJika anda awam berbisnis, karena memang anda belum pernah sama sekali melakukan aktifitas bisnis maka untuk memulai suatu ihtiar ini  ada keraguan di hati anda, yang sering menjadi pertanyaan dalam benak anda adalah :
Dari mana saya akan memulai?... ok saya akan menjawab pertanyaan anda dan pastikan bahwa anda siap melakukan itu semua.
jawaban pertama
Yang pertama anda lakukan adalah menganalisa faktor permodalan anda, faktor permodalan saya kategorikan dalam 3 fase

1.         Fase rendah dengan modal dibawah 5 juta rupiah.
Jika menang modal anda dibawh 5 juta rupiah, itu berarti anda belum cukup untuk membuka sebuah toko sepatu lengkap dengan alat-alat display. Yang harus anda mulai adalah dengan menjadi reseller atau perantara antara toko sepatu, anda, dan langganan anda, Bisnis seperti ini bisa anda lakukan dengan dengan bantuan Smartphone, BBM, ataupun fasilitas media sosial, bangun kepercayaan anda kepada langganan anda dengan mengambil insentif margin yang tidak banyak, sebab prinsip mempunyai langganan setia adalah harga yang miring.
Lakukan aktifitas ini dengan menawarkan produk sepatu yang anda dokumentasikan di alat komunikasi anda dengan tiga anggle photo yang berbeda, agar photo tersebut dapat mempresentasikan seperti bentuk nyata. istilah ini bisa disebut dengan istilah kredit harian, anda mengutip uang dari langganan setiap hari sampai jatuh tempo pelunasan,
Kesepakatan Jatuh tempo ini dapat anda negosiasikan kepada langganan anda untuk waktu  jatuh tempo pelunasan, misalkan 15 hari kerja, satu bulan, ataupun beberapa bulan dengan asumsi ini akan membuat ringan biaya cicilan langganan anda.

2.         Fase sedang dengan nilai nominal permodalan di bawah 50 juta.
Dengan modal sebesar itu kini anda dapat menyewa sebuah toko sepatu, lapak sepatu, ataupun menjadi pedagang nomaden k5. saran saya untuk hal ini adalah, jualan sepatu ataupun sandal anda dengan kategori kw2, ataupun barang-barang obral, karena dengan menjual barang sepatu ataupun sendal dengan kwalitas kw2, stok barang anda lebih banyak dari pada anda harus menyediakan sepatu dengan kwalitas sedang ataupun tinggi. untuk tempat atau lokasi anda berdagang carilah tempat yang memang tempatnya berkumpul dan beraktifitas warga istilah yang paling populer adalah tempat yang ramai.

3.         Fase tinggi dengan nilai nominal diatas 100 juta.
Dengan nilai nominal yang cukup tinggi ini, anda bisa leluasa mengatur strategi usaha dagang sepatu anda, di mulai dengan menyewa tempat usaha, memilih produk dagangan dengan hampir semua klasifikasi kw2,kw1 dan kw super. saran saya dalam hal ini adalah pertama perhatikan lokasi atau tempat usaha anda dan perhatikan jenis barang yang disukai konsumen / trend comsumer, jika anda pandai mensiasati hal ini maka usaha anda akan berkembang ke arah yang lebih maju dengan proses yang bisa anda targetkan sendiri.


Penulis
Haryadi CS2

tips menetukan jenis sepatu yang menjadi prioritas usaha

Tips menentukan jenis sepatu yang akan anda jual.
Adakalanya pedagang sepatu bingung, jenis dan model sepatu apa yang harus menjadi prioritas mereka. Tak dapat di pungkiri jenis sepatu mempunyai ragan yang sangat banyak, di mulai dari type,model,gender,usia,warna dan tentu material utama pembuatan.
saya akan menerangkan tips bagai mana cara memprioritaskan pajangan/display sepatu apa yang akan menjadi prioritas ditoko anda.

1. lakukan riset gender.
anda bisa melakukan ini dengan memilah-milah, jenis sepatu apa yang paling diminati di toko anda. Peranan gender sangat dominan di hal seperti ini, buatlah perbandingan antara dua gender tersebut, manakah yang paling banyak diantara dua gender tersebut berbelanja di toko anda. setelah anda membuat analisa ini dengan waktu dua bulan maka anda sudah dapat menentukan prioritas sepatu yang menjadi skala utama di toko anda dilihat dari gender.

2. Lakukan riset usia
syarat melakukan riset usia yang wajib anda mulai adalah semua barang display pajangan sepatu anda tidak ada yang menjadi prioritas, semua harus mempunyai nilai prioritas yang sama, dalam tenggang waktu riset yang telah anda tentukan waktunya sendiri, riset usia bisa anda kategorikan dalam usia Balita,anak,dewasa dan orang tua. Faktor penentuan usia bisa anda definiskan sendiri. Jika waktu riset usia di patok selama dua bulan, dalam dua bulan tersebut anda sudah mendapatkan hasil usia berapakah yang menjadi utama di lihat dari buku penjualan anda.

3. Lakukan riset bentuk dan bahan material.
Riset bentuk dan material ini bisa anda mulai jika anda telah melakukan analisa dan uji coba penjualan selama satu tahun untuk prioritas gender dan prioritas usia. riset bentuk sepatu dan bahan material di maksud adalah untuk mempertajam brand value toko sepatu anda, karena faktor ini membutuhkan nilai permodalan yang cukup besar. disebabkan naiknya klasifikasi mutu toko sepatu anda.

di tulis ole
mamah Fany

email : harnics1@grosir-sepatubagus.com

Laman